Senin, 11 April 2011

Artikel kepramukaan


PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN


Gerakan Pramukan sebagai wadah Pendidikan non foramal yang memiliki tanggung jawab. Dalam rangka mendidik dan membina kaum muda Indonesia untuk mengembangkan mental, moral, spiritual, emisional, social, intelektual dan fisiknya sehingga menjadi sosok berkpribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur serta warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gerakan Kepanduan yang notabene di arsiteki oleh tokoh yang memiliki latar belakang Militer yakni Lord Boden Powell, justru mendepankan nilai-nilai persaudaraan dan kasih sayang sesama mahkluk, jauh dari kekerasan dan kebencian.

Di Indonesia, melalui Gerakan Pramuka kita mengenal para pemimpin Pramuka yang sebagai besar berlatar belakang Militer namun dalam penerapannya beliau membangun konsep dasar dan merancang suatu pendidikan yang memiliki metode pendidikan Kepramukaan yang khas, seperti yang tercantum dalam Prinsip-prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.

Tokoh-tokoh tersebut tentu tidak asing lagi di telinga kita seperti Sri Sultan HB. IX, Letjen Sarbini, Letjen Mashudi, Letjen Himawan S, Letjen Rivai Harahap dll. Maka Metode Pendidikan khas inilah yang membedakan system pendidikan Kepramukaan dengan system Pendidikan lainnya.













Dalam tulisan ini kita hanya menyoroti hubungan komunikasi sosial di lingkungan Pendidikan Kepramukaan yang tentunya dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi Pendidikan lainya.

1.      Tidak menggurui bahkan memberikan keteladanan seorang kakak kepada adiknya.
2.      Tidak mengenal SENIOR dan YUNIOR.
3.      Menjunjung tinggi pada nilai-nilai HAM dan persamaan Hak.
4.      Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing sebagai seorang kakak maupun adik.
5.      Setiap tindakan dilandasi cinta kasih, kejujuran, keadilan, kepatutan, kesederhanaan, kesanggupan berkorban dan rasa kesetiakawanan social.






Folded Corner: Nama : Endin Sholehudin Syah
Kelas : XII IPA 2
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar