Minggu, 01 Mei 2011

Makalah Pengertian Sejarah Islam

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Sejarah Islam merupakan salah satu bidang study Islam yang harus kita ketahui dan kita pelajari, bahwa umat Islam dalam sejarahnya pernah mengalami kemajuan, dan kemunduran penjajahan dan keterbelakangan umat Islam.

B. Perumusan Masalah
Dalam sejarah Islam yang perlu dilakukan adalah melakukan study sejarah dan analisa serta dari segi periodisasinya.

C. Tujuan Pembuatan
1. Secara Teoritis
 Untuk mengetahui mengenai sejarah Islam
 Untuk mengetahui sejak kapan sejarah Islam dimulai
 Sebagai wahana belajar
2. Secara Praktis
Dari berbagai penelitian dan analisa akan diketahui bahwa sejarah Islam itu berlangsung lama dan sudah beratus-ratus tahun lamanya.
Penyebaran Islama oleh Nabi Muhammad dan kemudian dilanjutkan oleh sahabat-sahabatnya dan pengikut-pengikutnya sampai sekarang, dan berkembang pesat.







BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Sejarah Islam
Perbedaan pendapat para ilmuan mengenai defenisi sejarah yaitu.
1. Menurut W.J.S Poerwaderminta
Sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi.
2. Menurut Ibnu Kaldum
Sejarah tidak hanya dipahami sebagai suatu rekaman peristiwa masa lampau, tetapi juga penalaran kritis untuk menemukan kebenaran suatu peristiwa pada masa lampau.
Atau dengan kata lain bahwa yang dimaksud sejarah yaitu berbagai peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi, yang berkaitan dengan pertumbuhan perkembangan agama Islam dalam berbagai aspek.

B. Ruang Lingkup Sejarah Islam
Dua periodisasi sejarah Islam yang di buat oleh Ulama Indonesia.
1. A. Hasymy (1978 : 58), periodisasi sejarah Islam adalah sebagai berikut.
a. Permulaian Islam (610 – 661 m)
b. Daulah Ammawiyah (661 – 750 M)
c. Daulah Abbasiyah I ( 750 – 847 M)
d. Daulah Abbasiyah II (847 – 946 M)
e. Daulah Abbasiyah III (946 – 1045 M)
f. Daulah Mughal (1261 – 1520 M)
g. Daulah Utsmaniyah (1801 – Sekarang)
2. Harun Nasution (1975 : 13-4) dan Nourouzaman Shidiqi (1986 : 12) membagi sejarah Islam menjadi tiga periode, yaitu sebagai berikut.
a. Periode Klasik
b. Periode Pertengahan
c. Periode Modern
Untuk kepentingan analisa, periodisasi sejarah Islam yang di pakai adalah periode klasik , pertengahan, dan modern.
 Islam Periode Klasik
Perkembangan Islam Klesik di tandai dengan perluasan wilayah bukan hanya di Mekah dan Madinah tetapi juga di berbagai Kota-kota seperti Damaskus (635 M), baik Al-makdis, Mesopotamia, Babilonia, Hulwan(640 M), Nihawand, (642 M), Isfahan (643 M), Persia, dan Isakandariah (649 M), dan masih banyak lagi Wilayah-wilayah atau Negara perluasannya.
 Islam Periode Pertengahan (1250-1800 M)
Islam zaman pertengahan dibagi menjadi dua zaman :
1. Zaman Kemunduran
Berlangsung sekitar 250 tahun (1250-1500), kemudian umat Islam di awali dengan kehancuran Baghdad oleh Hulagu Khan (cucu Jengis khan) dan serangannya ke Rusia dan Mesir
Di Mesir juga disnati yang berkuasa silih berganti dan saling menjauhkan, dan perpecahan antara pengikut Mazhab Fiqih
2. Zaman Keraja’an Besar
Munculnya tiga keraja’anbesar ini untuk membantu menyadarkan kembali umat Islam dari keterbelakangan dan kemundurannya.
Tiga keraja’an tersebut ialah keraja’an Utsman di Turki (1290-1924), keraja’an Safawi di Persia, (1501-1736), dan keraja’an Mughal di India (1526-1858).
 Islam Periode Modern (sejak 1800 M)
Periode Modern disebut sebagai zaman kebangkitan Islam oleh Harun Nasution (1, 1985 : 88), ekspedisi Napoleon yang berakhir tahun 1801 membuka mata umat Islam, terutama Turki dan Mesir, akan kemunduran dan kelemahan Umat Islam, di samping kekuatan dan kemajuan barat.




C. Fase-fase Sejarah Islam
Di kalangan sejarawan terdapat perbedaan tentang sa’at dimulainya sejarah Islam.
Pertama: Berpendapat bahwa sejarah dimulai sejak Nabi Muahmad Saw, diangkat menjadi Rasul.
Kedua: Sejak Nabi Muahmad hijrah ke Madinah, karma masyarakat Muslim baru berdaulat ketika Nabi Muahamad Saw tinggal di Madinah.

























BAB III
PENUTUP


a. Kesimpulan
Dari berbagai penjelasan amengenai sejarah Islam, dalam penyebarannya sukup panjang beratus-ratus tahun untuk bisa menyebarkanya diseluruh dunia.
Dan dapat di lihat dari segi periodisasinya yaitu dari periode Zaman Klasik, Zaman Pertengahan, dan sampai Zaman Modern atau sekarang.
b. Saran-saran
Dari pencarian sumber-sumbernya sangat sulit sekali didapat perlu adanya perpustakaan kecil di Kampus Sidayu agar mahasiswa tidak kesulitan mencarisumber-sumber bukunya.


















DAFTAR PUSTAKA


Rachman, Budhy Munawar (ed.) . 1994. Kontekstualisasi Doktrin Aslam dalam Sejarah. Jakarta: Yayasan Wakaf paramadina.

Hasan , Ibrahim Hasan. 1989. Sejarah dan Kebudayaan Islam. Yogyakarta: Kota Kembang.

Muhamad Ali, Maulana , Islamologi (Dinul Islam), terj.) R. Kaelani dan H.M. Bachrun, (Jakarta: PT Ikhtiar Baru Van hoeve, 1985), cet. I.

Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan gerakan, (Jakarta: Bulan Bintang, 1975), cet. I

1 komentar: